KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN

Posted: Juni 6, 2012 in Kepemimpinan Pendidikan

Kepemimpinan adalah suatu kegiatan dalam membimbing suatu kelompok sedemikian hingga/rupa sehingga tercapai tujuan dari kelompok itu yaitu tujuan bersama (Soetopo dan Soemanato, 1984). Menurut buku yang diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabaya, kepemimpinan merupakan inti dari manajemen atau dengan kata lain merupakan motor/daya penggerak dari semua sumber dan alat-alat (resources) yang tersedia didalam organisasi. Resources dapat dibagi menjadi golongan besar, yaitu human resources (man), dan non human resources (money, method, market, machine, material). Kimball Wiles (1961:29) dalam bukunya yang berjudul “Supervision for better shools” secara singkat menyatakan “leadership is any contribution to establishment and attainment of group porpuse ”. Kepemimpinan merupakan bantuan yang diberikan terhadap penetapan dan pencapaian tujuan kelompok. Kepemimpinan dalam hal ini, bukan semata-mata memberikan perintah atau komando kepada para anggota dalam rangka pencapaian tujuan tetapi merupakan aktivitas bantuan dalam rangka menetapkan dan mencapai tujuan (Prasojo dan Sudiyono, 2011).

Pendidikan dalam bahasa Yunani berasal dari kata padegogik : ilmu menuntun anak. Pendidikan adalah mendidik peserta didik untuk menjadi manusia yang mampu mandiri baik itu secara intelektual maupun secara moral. Pendidikan perlu ditanamkan sedini mungkin agar suatu saat bila seseorang masuk dalam suatu masyarakat dapat menyesuaikan diri secara langsung. Pendidikan sendiri menurut Langeveld adalah membimbing anak didik dari tingkat belum dewasa menuju ke kedewasaan. Berarti keberhasilan pendidikan adalah kedewasaan. Pengertian pendidikan itu bersifat universal, berlaku dan terdapat pada kepentingan diberbagai bidang kegiatan atau hidup manusia (Soetopo dan Soemanato, 1984).

Kepemimpinan pendidikan menurut Dirawat (1976) merupakan sebagai satu kemampuan dan proses mempengaruhi, membimbing, mengkoordinir, dan menggerakkan orang-orang lain yang ada hubungan dengan pengembangan ilmu pendidikan dan pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, agar supaya kegiatan-kegiatan yang dijalankan dapat lebih efisien dan efektif di dalam pencapaian tujuan-tujuan pendidikan dan pengajaran. Kepemimpinan pendidikan merupakan kemampuan untuk menggerakkan pelaksanaan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan (Soetopo dan Soemanato, 1984).

SUMBER:

Prasojo, Latip D. & Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Soetopo, Hendiyat & Soemanto, Wasty. 1984. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Malang: Bina Aksara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s