Ilmu Pengetahuan Tentang Manajemen Pendidikan

Posted: Juni 6, 2012 in Buku Manajemen Pendidikan

Judul: Manajemen Sekolah — Teori Dasar dan Praktik Dilengkapi dengan Contoh Rencana Strategis dan Rencana Operasional

Penulis: Dr. Rohiat, M. Pd.

Penerbit: Refika Aditama

Tahun Terbit: Cetakan 3, Juni 2010

Tebal: xv + 236 halaman

ISBN: 979-1073-39-2

Buku Manajemen Sekolah karya Dr. Rohiat, M. Pd. merupakan upaya dalam memberikan informasi kepada khalayak dalam mengetahui ilmu pengetahuan dalam bidang manajemen pendidikan. Teori-teori banyak dibahas dalam buku ini misalnya teori dasar manajemen pendidikan mutlak dikuasai oleh para pengelola pendidikan, teori manajemen pendidikan menjadi modal dasar untuk keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di sekolah, manajer sekolah dalam memberikan harapan keberhasilan dalam penerapan program-program inovasi pendidikan, dan dapat menengetahui berbagai informasi tentang ilmu dalam seni manajemen pendidikan di sekolah.

Daftar isi yang disajikan yaitu ada enam bab serta dua lampiran. Pada bab pertama berisikan tentang manajemen pengelolaan organisasi dengan sub bab manajemen sebagai ilmu dan seni, manajemen yang efektif, keterampilan manajer, dan renewal dalam manajemen. Bab kedua, manajemen sekolah; konsep dan tantangan. Sub bab kedua berisikan pengertian manajemen, fungsi manajemen pendidikan, pendekatan-pendekatan dalam manajemen pendidikan, garapan manajemen sekolah, dan tantangan manajemen pendidikan. Bab ketiga, manajemen sekolah dengan sub bab yaitu pengertian manajemen, manajemen dan kepemimpinan sekolah, dan menyunsun rencana sekolah dan merumuskan kebijakan. Bab keempat, manajemen berbasis sekolah dengan sub bab yaitu latar belakang, konsep dasar, karakteristik manajemen berbasis sekolah, urusan-urusan yang menjadi kewenangan dan tanggungjawab sekolah, prakondisi MBS, pelaksanaan MBS, tugas dan fungsi jajaran birokrasi, monitoring dan evaluasi, tonggak-tonggak kunci keberhasilan MBS.

Bab lima, pengembangan rencana sekolah, yang menjadi sub bab-nya yaitu pentingnya pengembangan rencana pengembangan sekolah, proses penyusunan rencana pengembangan sekolah, langkah-langkah penyunsunan operasional dalam RPS, dan kriteria RPS yang baik. Bab enam, monitoring; evaluasi dan pelaporan sub bab yang dikaji yaitu monitoring pelaksanaan, evaluasi hasil, pelaksana monitoring; evaluasi dan pelaporannya, pelaporan pelaksanaan. Lampiran yang disajikan berupa lampiran panduan membuat rencana pengembangan sekolah, dan lampiran rencana pengembangan sekolah (RPS) rintisan sekolah bertaraf internasional SMP Negeri 1 Kota Bengkulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s